Profil

          Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Lahat Nomor 17 Tahun 2008 tentang Pembentukan Organisasi dan Tata Kerja Dinas-dinas dalam Kabupaten Lahat, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lahat merupakan salah satu unsur pelaksana Pemerintah Kabupaten yang bertanggung jawab kepada Bupati selaku Kepala Pemerintah Kabupaten Lahat melalui Sekretaris Daerah.

           Dinas Kependudukandan Pencatatan Sipil mempunyai tugas kewenangan otonomi daerah Kabupaten Lahat yang meliputi penetapan program di Bidang Kependudukan dan Pencatatan Sipil, melaksanakan kewenangan desentralisasi di Bidang Kependudukan dan Pencatatan Sipil, di Kabupaten Lahat yang sumber dananya berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah maupun anggaran yang berasal dari pemerintah pusat.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam melaksanakan tugas menyelenggarakan fungsi  :

  1. Menyusun Rencana strategis Bidang Kependudukan dan Pencatatan Sipil.
  2. Perumusan Kebijakan teknis, penyusunan program dan kegiatan program dan di Bidang Kependudukan dan Pencatatan Sipil Pengolahan Data perpindahan penduduk, pendataan Kelahiran, Kematian serta Pencatatan Perkawinan, Perceraian dan Perubahan Akta.
  3. Penyelenggaraan pembinaan ,pengawasan, pengendalian, Evaluasi dan pelaporan pelaksanaan kegiatan bidang kependudukan dan Pencatatan Sipil;
  4. Pemberian dan /atau pelayanan umum dibidang kependudukan dan pencatatan sipil.


Harapan kami semoga website ini dapat bermanfaat bagi kita semua.. Aamiin..