Percepat Aktivitas Bisnis, 10 Lembaga Manfaatkan Data Kependudukan

admin telah dibaca : 36 kali

Jakarta – Untuk mempercepat aktivitas bisnis, 10 lembaga keuangan memanfaatkan data kependudukan. Pemanfaatan data kependudukan tersebut dituangkan dalam Perjanjian Kerjasama (PKS) antara Dirjen Dukcapil dengan perwakilan 10 lembaga di Jakarta, Kamis (28/09/2017).

 

"Pemanfaatan data ini mempercepat aktivitas bisnis. Contohnya, untuk pembayaran klaim asuransi untuk ahli waris”, kata Dirjen Dukcapil, Zudan Arif Fakrulloh. 

 

Melalui kerjasama ini, Prof. Zudan berharap akan memacu masyarakat agar semakin tertib dalam mengurus administrasi kependudukan serta memberi dampak positif bagi Kemendagri dalam melengkapi basis data kependudukan mengenai lembaga dan transaksi keuangan.

 

“Nantinya, semua transaksi di lembaga keuangan akan terdata lebih lengkap. Diharapkan lembaga keuangan lain juga bekerja sama dalam memanfaatkan data kependudukan ini”, lanjut Ketua DPN Korpri ini. 

 

Lembaga yang terlibat dalam PKS terdiri dari lembaga keuangan bank dan non bank. Lembaga keuangan bank meliputi PT Bank KEB Hana Indonesia, PT Bank Panin Tbk, dan PT Bank BCA Syariah. 

 

Sementara lembaga keuangan non bank adalah PT Batavia Prosperindo Finance, PT Dipo Star Finance, PT Maybank Indonesia Finance, PT Asuransi Jiwa BCA, PT Danakita Investama, PT Sinar Mitra Sepadan Finance (SMS Finance), dan Koperasi Simpan Pinjam Jasa (Kospin Jasa).

 

Kerjasama pemanfaatan data kependudukan dengan 10 lembaga ini merupakan tindak lanjut penandatangan MoU antara Kemendagri dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada Februari 2014. Sebelumnya, penandatangan PKS juga dilakukan dengan 100 pelaku industri Pasar Modal Indonesia pada November 2016.

 

Dengan demikian, hingga kini sudah ada 332 lembaga yang melakukan kerjasama pemanfaatan data kependudukan dengan Ditjen Dukcapil. Dari jumlah tersebut, 105 lembaga sudah secara aktif mengakses data kependudukan untuk kepentingan dan kebutuhan masing-masing lembaga.


Langkah Kemendagri Tuntaskan Akta Kelahiran dan KTP-el

Dukcapil Melayani 22 Jenis Layanan Administrasi Kependudukan

Percepat Integrasi Data, Kemendagri Genjot Kerjasama dengan Berbagai Lembaga

Banyak Lembaga Manfaatkan Data, Ditjen Dukcapil Raih Berbagai Penghargaan

Dirjen Dukcapil Imbau Jajarannya Terapkan Prinsip Plan, Do, Check


Tinggalkan Komentar
0 Komentar :