Kemendagri Sasar Pendataan WNI di Davao Filipina

admin telah dibaca : 27 kali

Davao, Filipina – Usai melakukan pendataan WNI dan sosialisasi penyelenggaraan Administrasi Kependudukan (Adminduk) di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab pada awal Juni lalu, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Ditjen Dukcapil kembali melaksanakan kegiatan yang sama di Davao, Filipina. 

 

Filipina, khususnya Davao City, menjadi sasaran prioritas pendataan WNI bagi Kemendagri mengingat di kawasan ini banyak WNI yang secara turun temurun tinggal menetap tanpa dokumen kependudukan apapun. 

 

Sebelumnya, Kemenlu telah mendata sebanyak 8.745 WNI yang menetap di sini. Dari jumlah itu, baru 2.619 orang yang ditetapkan sebagai WNI. Dari 2.619 yang ditetapkan sebagai WNI, 2.425 orang telah diberikan Surat Penetapan Kewarganegaraan RI oleh Kemenlu. 

 

Berlandas pada komitmen pemerintahan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), memberi perlindungan bagi setiap warga negara merupakan program prioritas Nawacita. 

 

Nawacita pertama dinyatakan, pemerintah ingin menghadirkan kembali negara yang melindungi segenap bangsa dan memberikan rasa aman pada seluruh warga negara. 

 

Melalui Kemendagri, Nawacita pertama ini diwujudkan dalam bentuk perlindungan bagi WNI di luar negeri berupa pendataan, pencatatan, dan penerbitan dokumen kependudukan sebagai wujud identitas diri seorang WNI.

 

Kegiatan ini dilakukan selama tiga hari pada tanggal 2 sampai 4 Juni 2018 di di KJRI Davao City, diikuti oleh Pejabat dan Staf KJRI Davao City, KBRI Manila, dan KBRI Bandar Seri Begawan.

 

Sebagaimana Nomor Identitas Kependudukan (NIK) bagi WNI di dalam negeri, setiap WNI yang berada di luar NKRI wajib memiliki Nomor Identitas Tunggal (NIT). 

 

NIT menjadi pintu masuk untuk melakukan pendataan, pencatatan, dan pemberian dokumen kependudukan sebagai wujud perlindungan terhadap status diri setiap WNI di luar negeri. Dukcapil


Prof. Zudan Ajak Jajaran Dukcapil Sikapi Kasus KTP-el dengan Sabar

31 Perwakilan RI Siap Layani Adminduk WNI di Luar Negeri

Tata Sistem Adminduk, Kemendagri Lindungi WNI di Luar Negeri

Jelang Libur Lebaran, Ditjen Dukcapil Halal Bihalal dan Buka Bersama

PayOR PayTren Dukung Ekosistem Single Identity Number


Tinggalkan Komentar
0 Komentar :